SOLO TRIP (TMII)



Besoknya, setelah trip dari Monas dan Kota Tua, aku memutuskan buat solo trip ke TMII. Sebenernya aku mau nyoba ke Bogor sih naik kereta, soalnya diajak Meidita gitu. Yaa aku tergiur juga, pingin ngelakuin perjalanan yang jauh, seorang diri, naik kereta. Tapi,, aku nggak dapet restu dari Tante. Tante bilang, luar kota (luar Jakarta) itu jauh lebih nggak aman daripada Jakarta. Soalnya kan alur transporatasinya nggak jelas, kalau di Jakarta asal naik TransJakarta dijamin nggak nyasar. 
 

Peta TMII

Akhirnya, terpilihlah TMII sebagai destinasi wisata solo trip aku. Alasan aku ke sini adalah karena aku penasaran sama istana anak!! Yang kedua, aku butuh sebuah wisata yang nggak memerlukan banyak keluar uang buat nikmatin wahana-wahana permainan, selain karena aku ndak punya partner buat main, aku juga nggak punya anggaran buat main-main kayak gitu. Kasian yaaaa…
Oke, lanjut cerita. Berdasarkan peta, TMII itu letaknya di Jakarta Timur, dan keliatannya agak mojok. Bus TransJakartanya aja sampe masuk jalur toll Bogor loh. Untuk kesekian kalinya, aku pake jasa mas TeJe di sini (mas TeJe = Trans Jakarta yaaaa.. :D)

Oke, ini trayeknya:
Tegalan – Cawang UKI – Garuda TMII
Trus, naik angkot lagi, atau kalo mau jalan juga bisa, lumayan jauh sih, tapi kejangkau kog. Aku turunnya di pintu 1 TMII.

Jadi, TMII itu kalau di Lampung kaya PKOR Way Halim. Di sini semua Anjungan Provinsi ada. OHIYAA!! Aku di sini juga penasaran sama danau yang ada miniatur NKRI nya.

Awal masuk TMII itu jauuuuh banget. Trus pake tiket masuk buat pejalan kaki Rp10.000. sebenernya destinasi aku yang paling pertama pengennya sih Keong Mas, tapi aku nggak tau lewat mana.
Setelah jalan lurus dari gerbang 1, aku belok kiri, dan langsung nemuin area kaya tempat parkir + area makan gitu. AKU BINGUUUNNGG!! MANA RUMAH-RUMAH ADATNYA?? MANA KEONG MASNYA?? Tapi aku kan nggak boleh keliatan kaya orang bingung yaaa..

Akhirnya aku jalan terus deh, dan aku ngelewatin resto-resto fastfood gitu. Aku skip aja semuanya. Aku nengok ke atas dan ngeliat ada jalur kereta gantung, pingin naik itu, tapi nggak tau harus lewat mana. TMII lagi sepi, karena ini hari Selasa. Ada sih bis rombongan anak sekolah. Akhirnya aku nemuin pos satpam dan aku nanya darimana kalau mau naik kereta gantung. Kata Pak Satpamnya udah lewat, alhasil gajadi. Lagipula tarifnya sekali naik 30ribu. Sayang ah duitnya. Oiya, disana juga disewain sepeda, 15ribu per jam.

Gak jauh dari pos satpam, ternyata udah deket sama rumah-rumah adat. Finally, aku putuskan buat tour budaya aja. Aku kelilingin anjungan-anjungan yang ada. Karena TMII sepi, jadi aku berasa horror gituuuuhh.. Parno-nya kumatt -___-
Ini deh foto-fotonya…
Sumatera Barat


Batak Karo


Batak Toba


Kalimantan Timur


Kalimantan Barat


Dayak


Bali #1


Bali #2


Lampung


DKI Jakarta


Gak Cuma rumah adat, di sini juga ada tempat ibadah. Tapi aku nggak capture semuanya, beberapa ajah..
Gereja Protestan Haleluya



Gereja Katolik St. Katarina #1

 
Gereja Katolik St. Katarina #2

 
Tampak dalam Gereja Katolik St. Katarina
T

Gereja Katolik St. Katarina #3

 
Kelenteng Kong Miao #1

 
Kelenteng Kong Miao #2

 
Dan ini yang aku cari-cari, ISTANA ANAK DAN KEONG MAS..
Ternyataaaa, dari pintu masuk 1 TMII kalau aku belok ke kanan, itu udah langsung ketemu KEONG MASSS!!!! Uuuuuhhh… -_____-





Sudut-sudut lain di TMII ada jugaaaa..

 Danau di tengah TMII

Lampu di Jembatan


Pendopo. Di dalamnya ada miniatur Candi Borobudur


Karena ini solo trip, aku ngerasa butuh tongsis bangett.. Tapi karena ngga ada tongsis, alhasil foto selfie aku ya pada pas-pasan kayak gini. Kasian yaaa :’(











Komentar